Tutorial Membuat Blog Untuk Pemula

Gambar cewek cantik & pemula sedang membuat blogBlog memang sekarang sangat populer. Karena kemudahannya, setiap orang bisa membuat sebuah blog dengan sangat cepat dan mudah. berbeda dengan membuat website, membuat blog tidak dibutuhkan skill programming. Kita juga bisa lebih mudah menyalurkan ide dan kreativitas kita, karena isi blog mudah diupdate setiap saat kita mau. Ayo jangan ketinggalan sama yang lain, buat blog sekarang juga…! Baca kelanjutannya ya…

Dalam tutorial membuat blog ini, akan dibahas tutorial blog di wordpress.com saja. WordPress adalah penyedia layanan blog gratis yang sangat populer (selain wordpress.com, ada blogger.com yang tidak kalah populer).


Update: sehubungan dengan upgrade WordPress.com ke versi 2.7, maka saya menulis tutorial membuat blog yang baru. Sedangkan tutorial di halaman ini adalah untuk WordPress versi 2.5. Silakan klik di sini untuk melihat Tutorial Membuat Blog yang terbaru (versi 2.7).


1. Proses Pendaftaran dan Setup

  1. Pendaftaran. klik disini: http://id.wordpress.com klik pada tulisan “Sign Up Now” atau “Daftar”
  2. Ikuti proses pendaftaran sampai selesai kemudian coba login dengan user name dan password Anda.
  3. Yang perlu diperhatikan:
    • Judul blog Anda dan deskripsi blog Anda harus unik, jangan sampai Anda membiarkan bagian ini tidak diedit.
    • Isi email Anda yang aktif.
    • Pilih Bahasa Indonesia jika Anda mau menulis blog dalam bahasa Indonesia.
  4. Kemudian Anda masuk ke Dashboard (dasbor)

Tutorial Dashboard wordpress

Kembali ke Dashboard, menu bagian atas (berwarna biru muda) disebut menu utama, dan menu dibawahnya disebut sub menu. Menu Dashboard ini memiliki sub menu Dashboard, Blog Stats (statistik blog), Blog Surfer dan Tag Surfer (untuk mencari blog) dan My Comments. Untuk sementara biarkan apa adanya saja.

Pertama yang harus dibuka adalah menu Option (opsi) pastikan judul, tagline, language, dan email Anda benar. Perbolehkan orang mengirim komentar tanpa harus login ke wordpress.

Blog Language berbeda dengan Interface Language. Blog Language adalah bahasa Isi dari blog tersebut, misalnya isi blog Anda berbahasa Indonesia, maka pilihlah Blog Language Bahasa Indonesia (ada di menu Option atau Opsi).

Sedangkan Interface Language adalah bahasa yang digunakan dalam Control Panel ketika Anda login di WordPress.com. Saya lebih menyukai Interface Language Bahasa Inggris. (ada di menu User -> Your Profile, atau Pengguna -> Profil Anda).

Option menu WordPress

Buka sub menu Discussion (diskusi). Hilangkan cek pada pilihan “user must have approved comment”. Ini berarti bahwa siapa saja boleh berkomentar dalam blog Anda meskipun belum pernah komentar sama sekali.

2. Ubah tema blog Anda, buka menu Presentation (tampilan)

Ubah tema wordpress blog

Bagian ini biasanya paling lama dalam setup karena Anda akan menghadapi banyak pilihan. Setelah memilih tema, Anda bisa mengkonfigurasi widget:

  1. Dalam sub menu Themes, Anda bisa memilih tema yang Anda sukai, mau satu kolom, dua kolom, atau model lain terserah Anda.
  2. Anda bisa membuka sub menu Widgets, dalam sub menu ini, Anda bisa angkat junjung (drag & drop) Widgets. Widgets adalah fasilitas tambahan namun sangat penting untuk memperindah blog kita.
  3. Anda bisa membuka sub menu Custom Image Header, jika Anda menginginkan mengganti gambar header dengan gambar yang spesial.

Proses registrasi dan setup selesai. Coba lihat blog Anda di alamat http://username_anda.wordpress.com

Anda sudah tidak sabar untuk mencoba mengisi blog Anda? Mari kita lanjutkan dengan menulis artikel / posting.

3. Menulis Posting – Buka menu Write (Tulis)

Blog Tutorial WordPress - menu Write

Ada dua buah sub menu:

  1. Sub menu Write Post (Buat Tulisan) digunakan untuk menulis artikel di blog Anda. Ini yang paling sering Anda lakukan nantinya.
  2. Sub menu Write Page (Buat Halaman) digunakan untuk membuat halaman statis (misalnya profil Anda).

Pada saat kita mengaktifkan sub menu Write Post maka akan muncul jendela mirip Microsoft Word, yaitu tempat kita mengetik artikel kita.

Tutorial Blog - New Post

Perhatikan nomor-nomor gambar di atas:

  1. Judul posting Anda ditempatkan di sini.
  2. Anda bisa memilih mengedit secara visual atau code.
  3. Aktifkan icon show advanced toolbar.
  4. Isi tulisan Anda di sini.
  5. Isi Tag Anda dengan kata kunci (keyword), bisa lebih dari satu.
  6. Isi Category dengan kategori postingan Anda, bisa lebih dari satu. Misalnya: Design Grafis.
  7. Untuk mengupload (mengunggah) gambar.
  8. Aktifkan Allow Comment atau tidak terserah Anda.
  9. Tekan Save & Continue Editing untuk menyimpan blog Anda.

Di bagian atas ada icon-icon kecil sebagai tool buat menulis. Yang paling sering digunakan adalah:

  1. Bold (Control + B)
  2. Italic (Control + I)
  3. Membuat link, blok tulisan kemudian tekan (Alt + Shift A) atau Ctr + K
  4. Memasukkan gambar (Alt + Shift + M).

Jika Anda ingin memasukkan gambar, maka upload dulu gambar Anda (ada pilihan Upload / Unggah di bagian bawah). Selah gambar di-upload, pilih gambar tadi, klik kanan mouse dan pilih menu Copy Shortcut, Copy Link Location, atau Copy Link Address, baru Anda tekan Alt + Shift + M diikuti Control + V untuk mengisi alamat Gambar.

Shortcut ini mungkin berbeda untuk tiap browser, Anda bisa meraba dengan mouse icon-icon ini untuk mengetahui shortcut apa yang sesuai dengan browser Anda.

Jika Anda sudah selesai menulis, tekan tombol Save & Continue Editing. Kemudian buka kembali blog Anda di http://username.wordpress.com

Sudah bagus? Jika ingin mengedit lagi, baca blog Anda sendiri, jika Anda masih login di wordpress, maka Anda dapat mengklik menu EDIT atau SUNTING untuk setiap artikel yang ada di blog Anda. Untuk mengedit atau menghapus tulisa, gunakan menu Manage -> Post/Page atau Kelola -> Tulisan/Halaman.

Jika semuanya okey, saatnya Anda memperkenalkan blog Anda pada teman-teman Anda.


Update: sehubungan dengan upgrade WordPress.com ke versi 2.7, maka saya menulis tutorial membuat blog yang baru. Sedangkan tutorial di halaman ini adalah untuk WordPress versi 2.5. Silakan klik di sini untuk melihat Tutorial Membuat Blog yang terbaru (versi 2.7).


Link ke artikel ini: Tutorial Membuat Blog Untuk Pemula

Tulisan terkait:

Lima puluh kesalahan dalam menulis blog

Cara Membuat Blog / Website yang Disukai Google & Yahoo

Tips SEO (Search Engine Optimization)

Cara cepat website / blog Anda terindeks Search Engine

Tutorial Adobe Photoshop Komplit

Home

368 comments

Leave a Reply