Lima puluh kesalahan dalam menulis blog (bagian 1)

Kesalahan dalam membuat atau menulis blogWaaah kok banyak banget ya? Ada 50 kesalahan. Kesalahan ini sering dilakukan oleh pemula (termasuk saya ๐Ÿ™‚ ) dalam membuat blog. Kalau Anda melakukan banyak kesalahan ini, dijamin blog Anda akan sepi pengunjung! Apa saja kesalahan umum yang sering dilakukan oleh penulis blog (blogger) ?

Kesalahan yang berhubungan dengan design

1. Menggunakan tampilan (themes) standar

Jika Anda pertama kali membuat blog di wordpress.com maka tema blog Anda adalah tampilan (themes) standar, kalau nggak salah yang berwarna biru. Jika Anda tidak menggantinya, itu kesalahan yang parah banget, betul nggak? Blog Anda akan berwarna biru & sederhana, tidak menarik untuk dilihat. Nah, mungkin sebagian orang sudah mengganti tampilannya dengan themes yang lain. Segera ganti header image biar blog Anda unik. Setidaknya untuk membedakan blog Anda dengan blog lain…

2. Gonta-ganti tampilan (themes)

Terlalu sering mengganti themes juga tidak bagus, karena pengunjung akan mempunyai kesan bahwa blog Anda belum jadi. Jadi sebaiknya konsisten dengan satu themes yang menurut Anda paling bagus.

3. Tanpa Read More

Sering sekali saya menjumpai blog yang postingannya ditampilkan utuh di halaman homepage. Jika postingannya pendek mungkin bisa ditolerir. Tapi kalau postingannya panjang-panjang dan lebih dari 10 posting, itu menyulitkan yang membaca kan? Ditambah lagi, sesuai dengan tips SEO, postingan Anda bisa dianggap duplicate content dari homepage, karena isinya sama. Nah, dengan ditambahkan READ MORE, hanya sebagian posting Anda yang akan tampil di homepage (seperti blog ini). Untuk menambahkan READ MORE, pada saat menulis posting, klik tool yang iconnya seperti ini Read more atau dalam kode <!โ€“moreโ€“>

4. Tanpa widget kategori

Widget kategori berfungsi memudahkan pengunjung mencari tulisan dalam kategori yang sama, juga memberikan keuntungan secara SEO, yaitu sebagai text link.

5. Asesoris yang berlebihan

Blog memang lebih indah jika dilengkapi asesoris seperti jam, peta pengunjung, pagerank, pengunjung terakhir, atau yang lain. Namun jika terlalu banyak akan membuat blog Anda terlalu lama loadingnya! Ini kan tidak disukai orang yang membuka?

Kesalahan yang berhubungan dengan topik

1. Jarang posting

Jelas banget kalau Anda jarang posting, pengunjung Anda akan berkurang. Ini saya alami sendiri ketika saya tidak mengupdate blog saya selama 2 minggu karena harus ke luar kota. Menulis blog itu mirip dengan menaman bunga, posting adalah siramannya. Okelah 2 atau 3 hari tidak di siram, tapi kalau 1 bulan tidak disiram bagaimana? Bisa mati dong bunganya? Idealnya posting sehari sekali.

2. Isinya cuma berisi curhatan

Jika Anda ingin menulis blog sebagai catatan harian yang bisa diakses di mana saja, itu memang nggak masalah, namun jika Anda menulis blog agar dibaca orang, ini menjadi masalah. Blog Anda tidak akan dikunjungi orang jika hanya berisi curhatan pribadi (kecuali oleh pacar Anda atau pengagum gelap Anda). Ada pengecualian lagi, jika Anda orang terkenal seperti Budi Rahardjo (ahli IT) atau Dian Sastro, biarpun blognya banyak curhatan dan ide pribadinya, tetap saja menarik minat banyak orang. Tetapi pendapat ini kontroversial alias ada sebagian bloger yang tidak setuju, misalnya pada artikel Dani Iswara atau pada komentar-komentar pengunjung.

3. Topik terlalu luas

Pengunjung setia blog Anda, biasanya karena mereka tertarik akan topik-topik tertentu. Misalnya blog ini, saya fokuskan ke topik tips, trik, dan tutorial komputer. Ada juga blog yang mengkhususkan topik lagi, misalnya Tutorial Adobe Photoshop, atau Tutorial Membuat Blog. Beberapa blog dengan topik yang sangat unik dan khusus, sukses menjadi Top Blog di WordPress.com, misalnya: Design Arsitektur, atau Otomotive.

4. Memposting topik yang menyimpang

Jika Anda sudah menentukan topik, konsistenlah dengan topik tersebut. Misalnya blog Anda seputar hukum dan agama, maka janganlah memposting tentang beasiswa.

Kesalahan yang berhubungan dengan isi

1. Isi tidak berbobot

Isi blog yang bagus, ditulis dengan penjelasan yang lengkap. Kalau ada analisis, metodenya memang benar. Kalau ada tutorial, dijelaskan secara gamblang. Jika suatu saat ada yang berkunjung ke blog Anda dan menemukan isi blog Anda tidak berbobot (misalnya ditulis asal-asalan), maka pengunjung enggan datang lagi.

2. Salah ejaan atau tata bahasa

Biasanya kita salah menulis ejaan karena terburu-buru. Misalnya saat mau menulis “kemudian” menjadi “komedian”. Bisa salah arti kan? Tata bahasa juga perlu diperhatikan, namun ini tidak mutlak, ada blog yang sengaja ditulis dengan bahasa gaul karena target pembacanya juga remaja dan orang muda.

3. Copy-paste

Menulis blog dengan modal copy-paste adalah tidak etis dan melanggar hak cipta atau melanggar hukum. Semua tulisan yang merupakan karya asli penulis, baik di buku, koran, ataupun blog, dilindungi hak cipta. Jika penulis asli menuntut, maka Anda bisa didenda (150 Juta Rupiah). Khusus untuk blog ini, isinya tutorial gratis, namun gratis bukan berarti bebas disebarluaskan! Tetapi gratis dibaca Anda dan boleh dikutip asalkan membuat link ke arah artikel yang menjadi acuan/sumber. Silakan klik di sini, Anda akan mengetahui betapa search engine sangat membenci tulisan hasil copy-paste.

4. Tanpa referensi

Jika artikel Anda membahas topik yang sulit, sebaiknya Anda menyebutkan referensi atau sumber tulisan Anda. Apalagi jika Anda benar-benar mengutip artikel orang lain, Anda seharusnya menyebutkan referensi. Dalam menulis blog, Anda bisa membuat link untuk mengacu pada referensi. Misalnya membuat link ke arah Wikipedia.

5. Sombong

Menulis blog bukan berarti Anda lebih tahu dari pembaca. Penulis blog yang baik, selalu merendah, namun tidak merendahkan diri. Jika Anda menjumpai penulis blog dengan gaya bahasa yang sombong, Anda tentu malas membacanya kan?

6. Terlalu merendahkan diri atau kurang PD

Orang yang membaca blog, akan respect kepada Anda, jika Anda menulis dengan percaya diri. Untuk menulis tentang fakta, misalnya kejadian yang lagi hot, hindari kata “mungkin”, “kalau tidak salah”. Anda juga tidak perlu menuliskan kata-kata, “sebelumnya saya minta maaf kalau isi blog saya tidak benar“. Pengunjung akan menganggap blog Anda tidak profesional dan bukan ditulis orang yang ahli di bidangnya.

7. Posting hanya berisi gambar

Posting yang hanya berupa gambar, tidak Search Engine Friendly, karena search engine hanya bisa mengindeks teks. Sebaiknya Anda menulis artikel di blog berisi minimal 500 kata.

8. Posting yang terlalu pendek atau terlalu panjang

Posting yang terlalu pendek tidak disukai oleh search engine, ini mengakibatkan blog Anda berada pada urutan bawah ketika orang mengetikkan kata kunci di google atau yahoo. Sebaliknya, posting yang terlalu panjang menyebabkan halaman Anda tidak diindeks seluruhnya oleh search engine. Untuk artikel yang panjang, Anda bisa membuat artikel berseri.

9. Tanpa kategori, tanpa tag, atau terlalu banyak kategori dan tag

Menulis blog tanpa kategori dan tanpa tag biasanya disebabkan karena lupa. Tag dan kategori berguna sebagai incoming link atau sebagai keyword. Terlalu banyak tag atau kategori juga berbahaya karena bisa dianggap massive domain interlinking dan menurunkan ranking blog Anda.

10. Terlalu banyak iklan

Blog atau website yang terlalu banyak iklan, menyebabkan pengunjung merasa terganggu, karena pengunjung membuka website atau blog adalah untuk mencari informasi kan? Bukan membaca iklan. Apalagi jika ada pop-up window yang muncul. Kecuali Anda membuat blog khusus untuk iklan atau menawarkan produk.

11. Berisi hoax atau berita bohong

Sebelum Anda menulis sebuah informasi, pastikan Anda sudah mengecek kebenaran informasi tersebut. Jangan sampai Anda memposting hoax atau berita yang didapat dari surat berantai, atau informasi yang berisi penipuan yang belum tentu jelas benar atau salah. Blog yang mengklarifikasi atau mengkritik hoax, tidak termasuk dalam kesalahan yang dimaksudkan penulis.

12. Menggunakan gambar dengan ukuran file yang terlalu besar

Gambar dengan ukuran file yang besar akan membuat lama pada saat pengunjung membuka blog Anda. Pernahkah Anda membuka alamat web yang nggak muncul-muncul isinya? Pasti kesel kan? Untuk masing-masing gambar sebaiknya tidak lebih dari 30kb. Anda bisa memperkecil ukuran file gambar (dan ukuran gambarnya juga) dengan software Adobe Photoshop.

13. Menginformasikan crack, kerial, atau keygen

Sebaiknya Anda tidak memposting artikel yang berisi crack, serial, atau keygen suatu software. Hal ini melanggar hukum dan Anda bisa dituntut di pengadilan oleh pembuat software. Hal ini juga menyalahi term of service atau perjanjian waktu pertama kali Anda membuat blog, resikonya, blog Anda akan dihapus oleh pengelola blog.

14. Memasang virus

Paling tidak saya menemukan sebuah blog yang menginstall virus ketika dibuka. Ada juga blog yang isinya program yang seolah-oleh berguna, padahal virus. Selalu gunakan antivirus dan update secara teratur.

Tulisan ini bukan dimaksudkan agar Anda ragu untuk membuat blog.

Tulislah apa saja yang Anda suka, asal jangan copy-paste dari tulisan orang lain (melanggar hak cipta), dan Anda tidak merugikan orang lain, Anda tidak memiliki resiko apapun. Segala sesuatu itu berawal dari belajar dan belajar. Kesalahan itu wajar (saya juga sering salah), yang tidak wajar adalah orang yang tidak memperbaiki kesalahannya.

Bersambung ke artikel ini:

Lima puluh kesalahan dalam menulis blog (bagian 2)

Tips SEO (Search Engine Optimization)

kembali ke Home

by Oka Mahendra

101 comments

  • ok, thanx artikelnya.

  • makasih, sangat berguna, ditunggu kelanjutannya.

  • berguna banget artikelnya, terima kasih

  • Makasih buanget atas infonya

  • mmmm tapi sekali lagi blog tergantung orangnya sih ๐Ÿ˜€

  • Pingback: kesalahan bloger « art & hobby

  • wikomanggar

    matur suwun kang

  • 3. Tanpa Read More

    Saya cuma menyorot, apakah berarti blog yang tidak memakai Read More itu tidak disukai search engine ? Karena selalu ada alasan kenapa seseorang tidak menggunakan More dan langsung menampilkan isi tulisannya. Saya rasa ini bukanlah kesalahan, terkecuali kalau kata KESALAHAN itu diartikan sebagai TIDAK MENDUKUNG SEO. ๐Ÿ™‚

    jawaban penulis: Anda benar, terima kasih masukannya. Namun blog yang tidak mendukung SEO pengunjungnya lebih sedikit daripada blog yang mendukung SEO kan?

    2. Isinya cuma berisi curhatan

    Awalnya, blog adalah sebuah diary tetapi dipublikasikan. Dan biasanya isinya curhatan. Kenapa ini sebuah kesalahan, sementara mereka yang tergolong seleb blog dikatakan bukan kesalahan ? Ada standar ganda disini. Jadi orang harus terkenal dulu baru bisa curhat di blognya ? ๐Ÿ˜‰

    jawaban penulis: Seperti dijelaskan di awal artikel, kesalahan yang dimaksud di atas adalah kesalahan yang mengakibatkan pengunjung blog sedikit. Jika sebuah blog fungsinya sebagai buku harian, maka tidak masalah mau pengunjung banyak/sedikit.

    10. Berisi hoax atau berita bohong

    Kalau kita lihat BOTD, maka yang muncul belakangan ini adalah kabar-kabar bohong soal AXIS, telepon merah, dlsb. Itu jelas-jelas hoax. Tapi mengapa mereka muncul dalam ranking teratas BOTD yang jjustru membuat mereka gampang dicari oleh search engine ?

    Blog itu dapat dikategorikan citizen journalism. Jadi berita apa yang mempunyai daya pikat/kontroversi tinggi maka itu yang akan disikat pembacanya. Tak peduli apakah isinya basbang ataupun hoax.

    jawaban penulis: Yang menjadi kesalahan adalah ketika seseorang memposting hoax dan menganggap itu benar. Misalnya tulisan ini: Jadi blog yang MENGKRITIK HOAX adalah tidak salah (misalnya tulisan ini), saya sependapat dengan Anda.

  • AKHMAD SUDRAJAT

    Ijinkan saya untuk belajar lagi, karena untuk urusan IT ini, saya memang masih perlu belajar banyak lagi. Mungkin ada saran untuk blog saya. Terima kasih

  • Pingback: Menanggapi Kesalahan Menulis Blog - Dani Iswara .Net - Indonesia Physician Weblog

  • wah,wp terlalu kejam T.T
    GUe kangen blogspot..

  • Terima kasih artikelnya bagus

  • berguna sekali info nyaa : )

  • wew…
    bagus artikelnya!
    sebagai pemula dan tidak punya banyak waktu untuk menulis, kok jadi minder ya?…

    ##jawaban penulis: tidak perlu minder, ukuran salah/benar itu tergantung masing-masing orang. Asal Anda menulis artikel sendiri dan tidak merugikan orang lain, Anda tidak akan dihukum kok jika melakukan kesalahan-kesalahan kecil.

  • wah trims ya mas…tutorialnya sangat berguna bagi saya nih…

  • wah, blog sayah isinya curhatan semua inih.. :mrgreen:
    gimana nih… :mrgreen:

    ##jawaban penulis: kalau curhatannya menarik dibaca, kenapa nggak? Blog Anda bagus ๐Ÿ™‚

  • Wah Siep banget tutorialnya mas…, Blogsaya malah celotehan juga hiks..hiks.

  • Pingback: Kesalahan SEO juga | Temukan Rahasia Kue Basah

  • Terima kasih tutorialnya mas, sangat berguna, hanya saja saya masih bingung dengan beberapa hal, diantaranya

    1. masalah curhat: Setahu saya blog memang tempat curhat, ternyata enggak boleh cuma curhat-curhatan aja.

    2. Topik terlalu luas: Bagaimana jika sang blogger punya 1001 minat seperti saya, agama, sosial, kesehatan dll. apakah dia harus punya 1001 blog juga, he he he (maaf becanda)

    tagline blog saya sih “Juragan Kopi Radix”, tetapi isinya ya itu tadi 1001 minat saya. Bagaimana menurut mas Oka?

    terima kasih, sekalian minta izin link ya,

    ###jawaban penulis:
    1. Boleh saja berisi curhat-curhatan dan tidak ada yang nglarang. Kalau curhatannya menarik pasti pengunjung juga akan senang membaca blog Anda ๐Ÿ™‚
    2. Bisa dibuat semacam widget/menu/halaman “kategori”, jadi orang yang berkunjung ke blog Anda dapat langsung membuka topik yang dia suka.

  • saya termasuk dilist beberapa point ๐Ÿ˜›

  • Pingback: Lima puluh kesalahan dalam menulis blog (bagian 2) « Gudang Tips, Trik, & Tutorial Gratis

  • Pak OK …
    Paten suraten …
    Saya senang membaca tips-tips membumi ini …
    Dan ini semua logis … sangat masuk di akal …

    Terima Kasih Banyak ya Pak
    Saya akan sering-sering kesini
    Salam saya …

    (mudah-mudahan ini cara menulis komentar yang betul dan benar

  • Terlalu banyak aturan! yang tulis itu apa yang adal di fikiranku itu aja! take it simple

    ###jawaban penulis: Begitu ya ๐Ÿ™‚ Betul, tulis saja apa yang ada di pikiran,
    baru mikir2 biar pengunjungnya banyak, mikir2 agar dapat ranking tinggi di Google, mikir2 agar bagaimana dapat uang dari blog, mikir2 promosi, tapi ini urusan belakangan. Yang penting tulis aja dulu, Okey?

  • Pingback: Tutorial Membuat Blog Untuk Pemula « Gudang Tips, Trik, & Tutorial Gratis

  • “50 kesalahan”yang ditulis dalam bahasa yang cerdas, ringkas dan informatif. Semoga bermanfaat…Terima kasih.

  • Terimakasih boz, ternyata saya melakukan kesalahan melulu terutama Copy-paste (link, embed code video, dsb). Yah… gimana lagi, bisanya baru segitu seeh…

    btw, kalo bikin ling download gratis file MP3 yang tanpa hak cipta sebenernya etis gak sih? melanggar hukum ga sih? Saya masih bingung, meskipun banyak orang minta link download dan ndak sedikit bloger indo mau melakukannya tp saya masih ragu2 akan legalitasnya.

    ###jawaban penulis: link ke MP3 yang tanpa hak cipta adalah ilegal Mas & melanggar hukum.

  • Thanks, ya
    ini memang sangat penting sekali bagi seseorang yang baru memulai membuat blog.

  • klo ada hal yang menarik lagi tentang seputar blog, email ke aku ya pak.
    “makasih”

    ###jawaban penulis: Kalau mau, bisa berlangganan artikel dalam blog ini lewat email (di sebelah kiri atas halaman ini ada link untuk berlangganan lewat email, atau klik di sini).

  • Bagus banget ulasannya, tapi bila dilaksanakan semuanya bisa menghambat kreatifitas para blogger sendiri. Pantas saja banyak artikel yang isinya cuma copy paste dan banyak blog yang menampilkan artikel yang sama, jadi kesannya monoton. Untuk blogger yang lain, nggak usah takut berkreasi sebab kesalahan dan kegagalan kadangkala bisa menjadi awal dari kesuksesan. Salam http://economatic.wordpress.com/

    ###jawaban penulis: Artikel ini justru menyarankan agar bloger kreatif dengan tulisan sendiri, bukan hasil copy-paste.

  • setuju.. apalagi point nomor 2

    [2. Salah ejaan atau tata bahasa]

    Biasanya kita salah menulis ejaan karena terburu-buru. Misalnya saat mau menulis โ€œkemudianโ€ menjadi โ€œkomedianโ€. Bisa salah arti kan? Tata bahasa juga perlu diperhatikan, namun ini tidak mutlak, ada blog yang sengaja ditulis dengan bahasa gaul karena target pembacanya juga remaja dan orang muda.

    nah..contohnya langsung and kongkrit.. LIHAT POINT NOMOR 4

    [4. Tanpa referensi]
    [4. Sombong]

    ๐Ÿ˜€

    ###jawaban penulis: Makasih koreksinya, nomornya keselip ya ๐Ÿ™‚

  • […] 3. Tanpa Read More

    Sering sekali saya menjumpai blog yang postingannya ditampilkan utuh di halaman homepage. Jika postingannya pendek mungkin bisa ditolerir. Tapi kalau postingannya panjang-panjang dan lebih dari 10 posting, itu menyulitkan yang membaca kan? Ditambah lagi, sesuai dengan tips SEO, postingan Anda bisa dianggap duplicate content dari homepage, karena isinya sama. Nah, dengan ditambahkan READ MORE, hanya sebagian posting Anda yang akan tampil di homepage (seperti blog ini). Untuk menambahkan READ MORE, pada saat menulis posting, klik tool yang iconnya seperti ini atau dalam kode […]

    Trik yang bagus namun masalahnya saya bingung gimana cara menambahkan pada blog saya. Mohon langkah2nya, maklum masih katrok>>>>> Saya pakai blogspot….

    ###jawaban penulis: Cara buat read more di blogspot/blogger klik di sini: (template lama atau baru).

  • Ada masalah lagi tuh
    Ternyata Kang di Templateku gak ada ada sama sekali adanya cuma dan gimana tuh aku pake template 3 colom.
    kutunggu jawabnya

  • Ternyata Kang di Templateku gak ada ada () sama sekali adanya cuma () dan () gimana tuh aku pake template 3 colom.
    kutunggu jawabnya

  • Ternyata Kang di Templateku gak ada ada [div class=post body] sama sekali adanya cuma [div class=clear] dan [div class=footer section……….] gimana tuh aku pake template 3 colom.
    kutunggu jawabnya
    Sorry kebanyakan nulis comment lha wong salah terus…………!!SORRYYYY

  • Ox. Pak.. Tulisannya bermanfaat. Dari ayah ama yang baru membuat blognya di hapemu.wordpress.com.

  • weh buat blog ternyata mudah ya, ini blog saya yang pertama kali saya buat hehe
    http://www.computer-den.blogspot.com

  • Pingback: Lima Puluh Kesalahan Dalam Menulis Blog - Bag. I « Iqbal Soegih Weblog

  • Pingback: Lima Puluh Kesalahan Dalam Menulis Blog - Bag. II « Iqbal Soegih Weblog

  • muhsonsuburan

    thanx buanyak yaaaaaaaa.

  • Menurut saya sangat tergantung tujuan ngeblog Mas Oka, kalau memang tujuannya murni personal sah2 aja curhat, copas (bukan bajakan dan diijinkan owner) de el el…Resiko traffic rendah ditanggung sendiri…
    Tapi kalau ngeblog ditujukan untuk share dengan yang laen, maka yang 50 tadi menjadi harus diperhatikan…
    Saya pribadi cenderung ke nomor dua, ngeblog agar bisa shre dengan yg lain, makanya 50 … dari Mas Oka saya pajang di depan PC biar inget terus he3x
    BTW..tengkyu ‘n salut buat Mas Oka bisa bikin tulisan 50… itu, buat saya itu sungguh luar biasa, karena ternyata menuangkan pikiran menjadi tulisan itu gak gampang (bukan berarti kita ndak bisa–>bukan sombong lho Mas), Go Blogger

  • hmmm,,,,mengingatkan ka akan kealpha-an teramat panjaaanngg dalam memposting,,,hahahahahahaha,,,,,*akibat disandera TA begitu lama*..heuheuheu…

  • wah gue msh binggung brow mau isi pa di blog saya,,soalnya gue pertama nich baru buat apalagi q blum pya temen hihihi sidih nich gue mau berposting ma sapa???

    temen2 smuana tlg ksh gue pengetahuan dung ttg blog,,,jgn lupa kunjungin blog gue ya heheheh….please yayay

    lam kenl muana thankk

    bgung juga q mau bikin emoet hahah….

  • sangat bermanfaat …. saya sring melakukan kesalahan diatas ๐Ÿ™‚

  • Pingback: I come back !!! « Catatan kecil yang ingin ku bagi….

  • Terima kasih mas atas postingannya… saya jadi sadar kalau blos saya terlantar. :)…
    Salam kenal mas dari saya.. Tedy WInanto.

  • wah.. aku jadi sadar kesalahanku.. ๐Ÿ˜€

  • Kesalahan bag 1 & kesalahan bag 2 udah sy print gak nyampe 50. Sy jadi pengen tau. Apalagi kesalahan yg laen?. Jadi bisa jadi acuan buat saya yg baru belajar bikin blog. trims pak Oka. Artikelnya sy kumpulin soalnya bagus2.

  • Trims atas pencerahannya

  • Wah..trimakasih banyak Pak Oka, bloh ini banyak memberikan ilmu buat saya yg baru belajar ngeBlog. Semoga Sukses.

  • maaf salah ketik, maksudnya Blog, bukan Bloh..hehehe…

  • woahh….bagus banget…tuh artikelnya……….,paling tidak bisa memberi motivasi buat para bloger…n Khususnya saya sendiri…,agar menjadi bloger yang profesional…… oh…satu lagi…” tidak membangun budaya copy-paste “.
    tapi klo buat yang pemula sich masih wajar-wajar ja tuh.. mas n klo buat yang dah jago ” kaya ayam ja” sory..maksud sy klo yang dah profesional masih copy-paste itusih dah kurang ajar…../ kurang blajar lagi.

    ……Thanks….to All..

  • Wah, akhirnya penantian itu pun hilang, dan sinar terang pun datang benderang. makasih ya bapak, mas, or paman atas artikelnya…

  • aduh makasih mas………….. dengan membaca postingan mas ini aku jadi tahu apa yang seharusnya ditulis, biarpun tulisan saya ga berbobot yang penting tidak kopas, mudah-mudahan dengan sering nulis, semakin terasah deh, dan menemukan bentuk ciri khas tulisannya.
    Jadi semangat nih nulis ……..
    Tulis lagi dong mas tutorial lainnya……… misal cara nyimpan page rank di blog he he
    Hatur tengkyu……..

  • Pingback: 50 Kesalahan dalam menulis Blog (bagian 2) « Bambang Sriwijonarko’s Blog

  • mas thanks klik aja http://ztrak.wordpress.com/
    okkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk thanks

  • Pingback: Arya’s Blog | Cara Buat Blog

  • Pingback: cara bikin Blog untuk pemula « Cempink’s Blog

  • Pingback: CAHAYA’ Blog » Blog Bagi Pemula

  • Pingback: Windows itu LUCU & ANEH yoo? tobat… « My Blog

  • bagus mas isinya,bisa dibuat forum tanya jawab nih………

  • bagus dan menarik… mohon infonya ke email saya ya makasih.

  • Pingback: Berbagi Ilmu

  • itu yang tips ke 3
    pake read more gimana caranya mas ?

  • sip sip..udah ngerti…
    makasi mas..hehe

  • setuju sekali untuk tidak memasang virus .. JELAS LAH !!!! hahahaha

  • Pingback: Tutorial Wordpress.com tampilan baru « Gudang Tips, Trik, & Tutorial Gratis

  • wah blog saya salah berapa ya???

  • siip bgt ni!!!mksih bos!
    membaca artikel ini semakin membuat aku mantep tep untuk ngeblog!!!

  • Pingback: Lima puluh kesalahan dalam menulis blog (bagian 2) « Tutorial Gratis (dot) Net

  • bagus sekali makasih ya. baru belajar ngeblog nih saya. bgi terus dong ilmunya

  • saya bertrma kasih atas infonya ini, kayaknya dari sekian kata diats pernah saya lakukan, maklum blogger baru,, ilmunya bermanfaat

  • maksih ats informasinya, sangat bermanfaat bua gue yang masih baru.

  • Pingback: TUTORIAL WORDPRESS.COM « AHMADI BLOG (KJT)

  • Pingback: TUTORIAL WORDPRESS.COM « AHMADI BLOG (KJT)

  • oh ya, thx atas masukannya. penting sekali bagi blogger pemula seperti kami untuk mengetahuinya.

    Oh ya, kami adalah 2 orang blogger pemula yang namanay Didi dan Kiki.. mau ngunjungin blog saya nggak dan kasih comment?

  • thanx tips nya… anyway be your self kali ya… emang learning by doing seh ya…thanx bru

  • O ya ku mau coment apa sih manfaat dari blog? Dan keuntunganya apa ya?

  • Sudah saya baca juga di bagian 2 nya. Makasih ya. jadi semangat lagi ngisi blog, sudah lama ga di update. ๐Ÿ™‚

  • harus banyak baca buku neh

  • Pingback: Tutorial Wordpress versi 2.7 « Informasi Seputar Komputer

  • Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Buat paraBLOGER Untuk
    saling Meramaikan Dunia Maya
    Indonesia
    Mungkin Ada Kesulitan Mengenai Web / blog
    ===========================:)
    Silahkan Ambil Vidio + e-book Lengkap
    Yang Bisa Di Download Langsung
    Cara Mengelola Website / blog Serta
    Bagaimana Mengelola Blog kita Hingga
    Mendapat UANG RECEH
    melalui BLOG
    =======================:)
    Kalo Kita Termasuk Orang Yang
    SUPER SIBUK Ato Super GAPTEK
    sangat membantu sekali DECH !
    =======================:)

  • Saya Ada solusi kalo mo berhasil Dalam menulis Blog
    ada cara matic

  • ass…

    tolong tampilkan materi tentang mencari kesalahan dan mengatasi kegiatan menulis….

    ini akan membantu dalam proses belajar mahasiswa dan masyarakat pada umumnya…

    wass…

  • Kesalahan fatal lainnya, punya niat ngeblog atau bikin blog, trus asyik nyari referensi tapi ga mulai-mulai juga, hehehe (jadi inget masa lalu ^_^)

  • Pingback: Some mistakes in writing blog #3 « Tips & Trick Your PC

  • Pingback: Some mistakes in writing blog #2 « Tips & Trick Your PC

  • wah saya terlambat ngeblog. baru sekarang saya serius di blog .saya masih bingung .bisa kah penulis kasih masukan di blog saya. transbuana.blogspot.com

  • muhammad umar

    mengapa blog saya di wordpress bisa tersuspended tolong bantuannya dan bagaimana cara mengatasinya ?

  • makasih ya….., ya bisa buat pengetahuan tentang posting-postingan blog berikutnya

  • bagus ni buat nambah pengetahuan saya..

  • Pingback: BELAJAR MEMBUAT BLOG | BELAJAR BLOG YUK…

  • Pingback: Hello world! « DaddyMunawar

  • Pingback: kesalahan dalam menulis blog « Blognya Safran Rochim

  • masukan nih buat saya utk menjadi penulis yg baik..heee

  • Pingback: Tutorial WordPress.com tampilan baru - Just Place - Article

  • bagus bgt nih utk masukan saya agar menjadi lebih baik…

  • Pingback: Tutorial Membuat blog di wordpress.com « Hadisaputro’s Weblog

  • minta izin sedot nih pak..ilmunya mantap2..trims

Leave a Reply