SEO untuk PDF

Gambar SEO untuk PDFSEO untuk PDF berarti usaha membuat file dokumen PDF (Portable Document Format) yang kita upload di Internet mendapat peringkat tinggi di search engine (SEO = Search Engine Optimization). Misalnya kita memiliki dokumen PDF berupa ebook atau yang lain, dengan menggunakan teknik SEO untuk PDF, file PDF tersebut akan muncul di halaman pertama search engine (Google, Yahoo, dkk) untuk kata kunci yang sesuai. Bagaimana caranya?

Sebenarnya teknik SEO untuk PDF tidak jauh berbeda dengan teknik SEO untuk halaman web biasa, tetapi biasanya hal ini tidak dilakukan pemilik web, karena mereka fokus ke SEO untuk halaman web mereka, bukan untuk file PDF-nya. Untuk sekedar kilas balik, inilah dua buah teknik SEO untuk halaman web biasa yang juga berlaku untuk PDF:

  1. Fokus ke kualitas konten dan kata kunci atau keyword.
  2. Perbanyak link ke halaman tersebut.

Sebagai ilustrasi, ini adalah gambar screenshoot Google.co.id pada tanggal 28-11-2008 untuk kata kunci kalender 2009. Ternyata sebuah file PDF dari blog ini yang isinya kalender 2009 mendapatkan peringkat pertama dan artikel yang memuat file PDF tersebut mendapat peringkat ketiga.

Gambar ilustrasi SEO untuk PDF

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam SEO untuk PDF adalah:

  1. File PDF memiliki pagerank. Pagerank adalah ukuran kepopuleran halaman web yang dibuat oleh Google yang nilainya tergantung oleh banyaknya link yang mengarah ke halaman web tersebut. Ternyata, file PDF pun memiliki pagerank, sebagai contoh, file PDF kalender 2009 saat ini memiliki PR = 1.
  2. Ukuran file PDF menentukan terindeks atau tidaknya file tersebut oleh Google. File PDF saya yang berisi kalender 2009 dengan ukuran 653 KB sampai saat ini belum terindeks Google. Dengan demikian dapat diperkirakan bahwa Google menyukai file PDF yang ukurannya kecil.
  3. Google bisa mengindeks file PDF yang terproteksi “password to modify“. File kalender 2009 yang saya buat ini adalah file PDF yang terproteksi password agar bisa dibuka tetapi tidak bisa diedit, dan ternyata Google mampu mengindeks file tersebut. Untuk file PDF yang tidak terproteksi, sudah jelas Google dan search engine lain dapat mengindeksnya.
  4. Nama file PDF akan menjadi URL PDF tersebut, untuk itu pilihlah nama yang mencerminkan isi atau keyword dokumen tersebut.

Yang terpenting dalam teknik SEO untuk PDF = Metadata

Jika Anda membuat file PDF dengan Adobe Acrobat Profesional, maka Anda perlu mengisi Title, Author, Subject, Keyword, dan Description dari dokumen PDF Anda. Dengan Adobe Acrobat Profesional, metadata untuk PDF dapat disetting melalui menu File -> Document Properties. Klik pada Additional Metadata untuk mengisi Description.

Gambar metadata untuk file PDF

Selamat mencoba!

Penulis: Oka Mahendra (http://tutorialgratis.net)

Link ke artikel ini: SEO untuk PDF

Tulisan terkait:

Kembali ke: home

by Oka Mahendra

46 comments

Leave a Reply